<< Back to Index News

Kopi Kurangi Risiko Diabetes

Jakarta, 14 February 2009 
 
Menurut Para peneliti di Harvard, mengkonsumsi enam cangkir kopi atau lebih setiap harinya dapat mengurangi risiko Diabetes. 54% bagi pria, dan 30% bagi wanita.

Penelitian lain yang dimuat dalam American Journal of Epidemiology, menunjukkan konsumsi empat cangkir atau lebih per harinya pada lansia, berguna mengurangi risiko Diabetes tipe 2.

Selain mengandung kafein, kopi juga mengandung antioksidan, dan mineral yang meningkatkan sensitifitas insulin dan metabolisme glukosa.

Manfaat kopi tak hanya sebatas itu. Dua cangkir kopi sehari juga dapat menurunkan risiko kanker kolon sebanyak 25%, dan sirosis hati sebesar 80%. Antoksidan yang terkandung di dalam kopi dapat membantu melindungi sel dari radikal bebas yang seringkali dikaitkan dengan kanker dan kelainan otak degeneratif.

Dr. Francesca Bravi dari Italia menemukan bahwa peminum kopi menikmati 41% pengurangan resiko HCC (Hepatocellular Carcinoma) atau kanker hati, dibanding dengan mereka yang tidak pernah mengkonsumsi kopi.

Berbagai manfaat kopi lainnya akan disampaikan dalam artikel selanjutnya.
 
Source : www.suaramerdeka.com