| Studi: Omega-3
Perbaiki Tingkah Laku Anak
Jakarta
Dalam sebuah penelitian ilmiah dan percobaan yang dilakukan di
Inggris menunjukan bahwa Omega-3, yang terdapat dalam suplemen minyak
ikan, mampu meningkatkan kekuatan otak anak dan memperbaiki tingkah
laku mereka serta kemampuan untuk berkonsentrasi.
Hasil penelitian ilmiah tersebut dilaporkan Jurnal of Perinatology
yang berbasisi di London, menunjukan kesehatan dan kesejahteraan
anak-anak dalam jangka pendek dan panjang sepertinya dapat diperbaiki
dengan kemampuan jumlah adekuat dari Omega-3 yang didapat selama
perkembangan janin dan setelah kelahiran, demikian menurut laporan
yang diterbitkan Independent pada hari Minggu (11/06).
Ahli otak Prof. John Stein dari Magdalen College, Oxford, seperti
dikutip mengatakan bahwa suplemen Omega-3 memilik efek yang jelas
bagi perkembangan fungsi otak anak, seperti terbukti dari percobaan
yang dilakukannya.
Percobaan tersebut dilakukan dengan melibatkan anak berusia 8 dan
9 tahun, yang menerima dosis Omega-3 di Sekolah Dasar di Bradford,
berhasil dalam perkembangannya dengan 81% menunjukan perbaikan dalam
pelajaran membaca, 67% dalam pelajaran menulis dan 74% dalam pelajaran
matematika.
Menurut hasil penelitian tersebut, dari percobaan di wilayah Co
Durham selama dua tahun juga ditemukan kalau esensial asam lemak
ini, yang dibuat dalam bentuk cair dan kapsul, mampu menghasilkan
perbaikan instan untuk tingkat konsentrasi anak-anak, mulai dari
bayi hingga remaja.
Asam lemak Omega-3 diyakini berperan krusial dalam perkembangan
sel otak. Hampir dari setengah bentuk lemak yang berfungsi membangun
perkembangan otak ada dalam jenis Omega-3 - docosahexaenoic
acid (DHA).
Source: www.kapanlagi.com
|