| Vitamin D
Selama Remaja Mungkin Kurangi Risiko Kanker Payudara
Jakarta, 06 April 2006
Data dari studi yang didasarkan pada penduduk mendukung teori
bahwa vitamin D mungkin mengurangi resiko serangan kanker payudara,
dan menyarankan bahwa pemberian vitamin D relatif pada usia muda
mungkin sangat penting.
Dr Julia A Knight dari Mount Sinai Hospital, Toronto, melaporkan
temuan timnya di Washington, Selasa, pada pertemuan tahunan Perhimpunan
Peneliti Kanker Amerika.
"Kami menemukan bukti bahwa banyak faktor berkaitan dengan
pemberian vitamin D --termasuk dari sinar matahari dan sumber makanan
(minyak ikan cod, susu yang diperkuat, beberapa jenis ikan)--memiliki
hubungan dengan berkurangnya resiko kanker payudara. Khususnya,
kami melihat ini dalam pemberian (vitamin D) selama masa remaja,"
kata Knight.
Temuan tersebut didasarkan atas studi yang membandingkan 576 perempuan,
dalam usia 20 sampai 59 tahun, dan didiagnosis terserang kanker
payudara dan 1.135 perempuan "yang sehat terkendali" dengan
usia yang sama.
Konsumsi minyak ikan cod selama 10 tahun atau lebih juga berhubungan
dengan pengurangan resiko kanker payudara, demikian juga halnya
dengan konsumsi lebih dari sembilan gelas susu per perkan dibandingkan
dengan perempuan yang mengkonsumsi kurang dari lima gelas pada usia
20 sampai 29 tahun.
Knight menyimpulkan, "Bukti bertambah bahwa vitamin D mungkin
mengurangi resiko kanker payudara, dan apa yang kami lihat sejalan
dengan pendapat bahwa apa yang terjadi pada perkembangan kanker
payudara pada masa remaja mungkin mempengaruhi resiko kanker payudara
pada masa depan."
Source: Media Indonesia
|