| Vitamin E
Atasi Nyeri Haid
Nyeri haid tentu mengganggu. Pemakaian vitamin E ternyata bisa
mengurangi nyeri akibat kram menstruasi. Sebuah studi menyebutkan
bahwa hormon berkadar tinggi bernama prostaglandin mempengaruhi
dismenore atau nyeri haid.
Vitamin E, menurut dr S. Ziaei dari Tarbiat Modarres University,
Iran, bisa membantu pengeblokkan formasi prostaglandin, kemudian
diputuskan untuk memakai vitamin pada terapi dismenore.
Penelitian ini melibatkan 100 pelajar sekolah menengah berusia
16-18 tahun yang mengalami nyeri haid ringan, sedang atau berat.
Separo dari pelajar tadi minum 5 tablet vitamin E setiap hari, dua
hari sebelum dan tiga hari setelah mens mulai.
Separo lainnya, sebagai kelompok pembanding, minum lima pil plasebo.
Setelah diikuti selama dua bulan, kedua kelompok tadi melaporkan
bahwa mereka mengalami nyeri haid lebih ringan dibandingkan saat
studi dimulai. Pelajar yang terdapat pada kelompok vitamin E, melaporkan
nyeri lebih ringan dibandingkan kelompok pembanding.
Dr Roger Smith dari university of Missouri-kansas City, Truman
Medical Center, menyatakan bila diberi angka, perbedaan dari kedua
kelompok tadi kurang dari satu poin. "Sepertinya, vitamin E
tak berperan besar, namun mungkin juga bisa memberikan manfaat pada
nyeri bulanan,"katanya. (HealthDay/rit)
Source: www.kapanlagi.com
|