|
Vitamin, Kurangi Resiko Tumor Otak Pada Bayi
Perempuan yang mengkonsumsi vitamin tambahan selama
hamil ternyata bisa mengurangi resiko tumor otak pada bayi yang
dikandungnya, kata beberapa peneliti, Jumat (13/10/06).
"Selain itu, konsumsi vitamin tambahan pada
masa awal kehamilan, sebelum wanita mengetahui bahwa mereka hamil
juga mencegah gangguan tulang belakang dan gangguan syaraf lain,"
papar pemimpin peneliti tersebut Dr. Greta R. Bunin
pada Reuters.
Hasil ini didasari pada penelitian yang mengkaji
ibu dari 315 anak yang memiliki tumor otak dan berusia kurang dari
6 tahun saat didiagnosis (selanjutnya disebut ibu kasus) dan dibandingkan
dengan 315 ibu lainnya (selanjutnya disebut ibu pemantau) yang memiliki
anak tanpa tumor otak.
Para ibu kasus berjumlah separuh ibu pemantau yang
berada di dalam kelompok dengan tingkat zat besi tertinggi atau
folic acid dari kombinasi makanan dan vitamin tambahan.
Mereka juga melaporkan kurang mengkonsumsi multivitamin,
demikian laporan para peneliti tersebut dalam jurnal Cancer, Epidemiology,
Biomarkers and Prevention, terbitan September 2006.
Dr. Bunin menyatakan, Lembaga kesehatan masyarakat
menyarankan semua perempuan yang bisa hamil untuk mengkonsumsi vitamin
tambahan yang berisi folic acid bahkan jika mereka tak merencanakan
untuk hamil.
"Temuan studi kami dan studi lain menunjukkan
bahwa konsumsi vitamin tambahan pada masa awal kehamilan mungkin
memiliki dampak bermanfaat juga," tambah Dr. Bunin.
Source: www.kapanlagi.com
|