|
Kopi untuk Wanita Hamil, Aman?
Jika Anda penggemar kopi dan kebetulan sedang hamil,
ada kabar baik untuk Anda ketahui. Menurut peneliti dari Denmark,
minum kopi ternyata aman untuk wanita hamil, asal dalam jumlah secukupnya.
Hasil penelitian tersebut mematahkan pendapat sebelumnya yang mengatakan
bahwa minum kopi bisa meningkatkan risiko bayi lahir prematur dan
ukuran bayi yang kecil.
Riset yang dilakukan oleh British Medical Journal
menemukan bahwa tidak ada perbedaan antara wanita yang minum kopi
dalam jumlah sedikit dengan wanita yang minum kopi non kafein. Jumlah
yang dianjurkan di Inggris untuk wanita hamil tak lebih dari 300
mg kafein per hari.
Menurut Food Standards Agency, jumlah
tersebut setara dengan mengkonsumi sepotong cokelat, minum tiga
cangkir teh, sekaleng softdrink dan secangkir kopi setiap hari.
Peneliti dari University of Aarhus, Denmark, mengamati
kesehatan lebih dari 1200 wanita hamil yang tergolong pecandu kopi,
yakni minum lebih dari tiga gelas kopi perhari. Kesemua responden
mengikuti riset tersebut setelah usia kehamilan 20 minggu. Mereka
lalu dibagi dalam dua kelompok, yang mengkonsumsi kopi berkafein
dan kopi non kafein, sehingga peneliti bisa mengetahui kelompok
mana yang paling beriko mengalami kelahiran prematur atau memiliki
bayi berukuran kecil.
Tim peneliti juga melakukan wawancara kepada tiap
responden untuk mengetahui apakah mereka juga mengkonsumsi minuman
berkafein lain seperti teh atau softdrink. Data lain yang dikumpulkan
yakni usia calon ibu, usia kehamilan, berat badan sebelum hamil,
kebiasaan merokok serta bobot bayi saat dilahirkan. Ternyata tidak
ada perbedaan berarti antara dua kelompok tersebut. Kelompok yang
mengkonsumsi kopi non kafein asupan kafeinnya lebih rendah 182 gr.
Di antara wanita yang mengonsumsi kopi berkafein,
4,2 persen melahirkan prematur dan 4,5 persen ukuran bayinya kecil.
Sementara itu, dalam kelompok yang mengonsumsi kopi non kafein,
5,2 persen bayinya lahir prematur dan 4,7 persen berat bayinya di
bawah normal. Disimpulkan oleh tim peneliti bahwa mengurangi konsumsi
kopi di masa akhir kehamilan tidak terlalu berpengaruh pada berat
tubuh bayi dan usia kehamilan. Meski begitu, belum diketahui apakah
ada efeknya jika mengkonsumsi kopi di usia awal kehamilan.
Meski demikian, tetap dianjurkan bagi wanita hamil
untuk tidak mengkonsumsi kopi lebih dari 300 g perhari. Selain itu,
perbanyak minum air putih atau jus buah daripada minuman berkafein.
Source: www.kompas.com
|